directory-online Blog

directory-online Blog

directory-online Blog

3 Rekomendasi Aplikasi Terbaik Untuk Menyelenggarakan Webinar

Pandemi virus corona menyebabkan banyak kegiatan yang harus ditunda. Kegiatan yang mengumpulkan banyak orang pun dilarang dilakukan. Salah satu kegiatan yang tertunda akibat adanya pandemi ini adalah kegiatan seminar. Buntut dari adanya pandemi ini adalah munculnya seminar berbasis web atau biasa disebut dengan webinar.

Webinar menjadi populer sejak wabah virus corona melanda dunia. Komponen penting penyelenggaraan webinar adalah kepemilikan gawai bagi pesertanya. Selain itu, diperlukan aplikasi video conference yang mampu menampung pengguna dalam jumlah besar. Berikut ini rekomendasi aplikasi untuk menyelenggarakan webinar.

  1. Zoom

Aplikasi yang populer di Indonesia sejak pandemi virus corona adalah zoom. Banyak pelaku bisnis hingga pelajar yang menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi dengan banyak orang dalam satu ruang. Zoom mampu menampung hingga 1.000 pengguna untuk berbagi ruang yang sama. Tak heran aplikasi ini banyak dipilih orang.

Fitur yang ada di dalam zoom juga tergolong lengkap. Selain video conference, zoom juga menyediakan layanan audio conference hingga live chat. Zoom terbagi ke dalam beberapa tingkatan. Tingkatan tersebut antara lain zoom free, zoom pro, zoom business, dan zoom enterprise. Tentu saja layanan yang diberikan berbeda di setiap tingkatannya.

  1. Microsoft teams

Aplikasi yang satu ini memiliki keunggulan berupa kolaborasi dokumen yang dapat dilakukan antar pengguna. Aplikasi ini telah tersambung dengan Microsoft Office 365 sehingga pengerjaan dokumen yang harus dilakukan bersama menjadi lebih mudah. Kapasitas ruang untuk menyelenggarakan seminar berbasis web juga lebih besar, yaitu mencapai 10.000 orang.

Aplikasi Microsoft teams dapat digunakan di smartphone dan perangkat komputer. Sayangnya untuk menikmati layanan yang diberikan, pengguna harus melakukan pembayaran terlebih dahulu. Harga paling murah dimulai dari tiga puluh sembilan ribuan per bulan untuk setiap pengguna. Dan harga tertinggi yang ditawarkan sebesar seratus lima puluh sembilan ribuan.

  1. Cisco WebEx

Rekomendasi aplikasi dari Teknolagi untuk melaksanakan webinar yang terakhir adalah Cisco WebEx. Aplikasi ini biasa digunakan oleh para pebisnis yang memiliki banyak karyawan. Karena kemampuan tersebut, aplikasi yang satu ini juga dapat digunakan untuk menyelenggarakan seminar berbasis web. Keunggulan lain aplikasi ini adalah kualitas layanan video conference yang baik.

Kamu juga tak perlu khawatir tentang adanya suara latar yang mungkin terdengar saat seminar karena aplikasi ini dapat meminimalisirnya. Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, seminar yang kamu selenggarakan atau hadiri jadi lebih nyaman diikuti.

Rekomendasi aplikasi di atas dapat digunakan jika kamu memiliki rencana untuk mengadakan seminar atau sekadar berkumpul dengan banyak orang. Tentu saja kamu harus memastikan setiap orang yang akan kamu undang dalam acaramu memiliki perangkat gawai dan koneksi internet agar bisa mengikuti acaramu.

8 Jenis Nutrisi yang Harus Diperhatikan oleh Vegetarian Agar Tetap Sehat

Menjadi seorang vegetarian memang menyehatkan karena makanan yang dikonsumsi rendah gula dan kalori. Tetapi sayangnya menjadi vegetarian pun bukan solusi akhir memiliki tubuh yang sehat. Pasalnya, ada beberapa nutrisi yang hanya terkandung dalam produk makanan yang berasal dari hewan. Dengan kata lain, nutrisi ini tak terkandung dalam tumbuhan.

Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian, perhatikanlah kebutuhan nutrisi makanan yang mungkin tidak dapat kamu penuhi. Berikut nutrisi-nutrisi yang harus diperhatikan seorang vegetarian.

  1. Protein

Orang yang menggunakan diet vegetarian rentan mengalami kekurangan protein karena kebanyakan protein justru terkandung dalam telur dan produk-produk susu. Padahal, protein memiliki peran penting bagi tubuh, yaitu untuk menyehatkan kulit, tulang, dan otot. Bagi seorang vegetarian, nutrisi ini bisa didapat melalui kacang-kacangan dan produk kedelai.

  1. Kalsium

Nutrisi kedua yang dibutuhkan tubuh adalah kalsium. Kalsium berguna untuk membangun tulang dan gigi yang sehat. Tetapi biasanya produk-produk susu lah yang menyediakan nutrisi ini. Jika kamu seorang vegetarian, cobalah alternatif lain dengan mengonsumsi makanan seperti tahu, tempe, atau oat yang telah diberikan zat-zat tambahan.

  1. Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam menyerap kalsium. Seorang vegetarian tetap dapat mendapatkan asupan vitamin D dengan bantuan sinar matahari atau produk minuman kedelai. Saat ini juga banyak bereda suplemen vitamin D.

  1. Vitamin B12

Vitamin B12 kebanyakan ditemukan dalam produk-produk makanan yang berasal dari hewan. Padahal vitamin ini sangat berperan dalam menjaga sistem saraf dan darah agar tetap sehat. Seorang vegetarian dapat memilih alternatif mengonsumsi produk sereal atau susu kedelai yang telah dilengkapi dengan fortifikasi.

  1. Iodine

Iodine berperan dalam membantu mengatur metabolisme, pertumbuhan, dan fungsi organ-organ dalam tubuh. Untuk mengganti komponen ini, seorang vegetarian disarankan untuk mengonsumsi kacang kedelai, kentang, brokoli, dan kembang kol.

  1. Zat besi

Zat besi berperan dalam membantu produksi sel darah merah dalam tubuh. Ada beberapa produk makanan yang berasal dari tumbuhan yang dapat dipilih oleh seorang vegetarian. Produk tersebut antara lain: gandum utuh, sereal, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

  1. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan jantung. Sayangnya asam lemak ini banyak terkandung dalam ikan dan telur. Untuk dapat memenuhi nutrisi tersebut, seorang vegetarian perlu mengonsumsi berbagai jenis minyak memasak seperti minyak kedelai, minyak kanola, dan kacang kedelai.

  1. Zinc

Zinc memiliki fungsi dalam membentuk protein dan membelah sel. ZincĀ  biasanya terdapat pada produk olahan susu. Seorang vegetarian dapat memenuhi nutrisi ini dengan mengonsumsi produk kedelai, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Banyak nutrisi makanan yang hanya terkandung dalam produk makanan yang berasal dari hewan saja. Untuk itu, seorangĀ  vegetarian harus berusaha mencari alternatif lain untuk mengganti nutrisi tersebut. Konsultasikan ke dokter jika kamu merasa ada kesulitan dengan cara diet vegetarian ini.

5 Jenis Vegetarian Berdasarkan Pola Makan yang Diterapkan

Gaya hidup sehat tengah menjadi perhatian akhir-akhir ini. Kemunculan berbagai macam penyakit baru yang belum ditemukan obatnya menjadi salah satu penyebabnya. Beberapa penyakit diakibatkan karena konsumsi kalori dan gula secara berlebihan. Karenanya, banyak orang berbondong-bondong melakukan diet. Salah satu jenis diet yang populer adalah diet vegetarian.

Diet jenis ini dilakukan dengan hanya mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan dan menghindari makanan yang berasal dari hewan, seperti ikan, unggas, dan sebagainya. Tetapi pada praktiknya, masih ada beberapa vegetarian yang terkadang mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan. Untuk itu, dilakukanlah pembagian jenis-jenis vegetarian berdasarkan pola makan yang dilakukan.

  1. Semivegetarian

Semivegetarian juga biasa disebut dengan flexitarian. Pola makan vegetarian ini dilakukan dengan tetap memakan sumber makanan yang berasal dari hewan sesekali. Sumber makanan yang dikonsumsi contohnya, daging, produk susu, telur, hingga unggas dan ikan. Mengonsumsinya pun dalam jumlah yang tergolong rendah. Hanya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan saja.

  1. Lacto vegetarian

Pola makan yang diterapkan lacto vegetarian adalah dengan menghindari daging, unggas, ikan dan telur. Tetapi masih mengonsumsi produk susu dan sejenisnya, seperti keju, yoghurt, dan mentega. Jumlah konsumsinya pun dibatasi hanya sesuai kebutuhan saja.

  1. Ovo-vegetarian

Jika pada pola makan lacto vegetarian telur tidak boleh dikonsumsi, maka pada pola ini telur justru boleh dikonsumsi. tetapi daging, ikan, dan unggas masih menjadi pantangan. Dan produk-produk susu seperti yoghurt atau mentega juga tidak boleh dikonsumsi.

  1. Lacto-ovo vegetarian

Dapat dikatakan lacto-ovo vegetarian merupakan bentuk pola makan gabungan dari pola-pola makan sebelumnya. Orang-orang yang berpedoman pada pola makan ini hanya boleh mengonsumsi telur dan produk-produk susu. Sama seperti makna kata lacto-ovo yang berasal dari bahasa latin. Lacto memiliki arti susu dan ovo memiliki arti telur, sehingga yang boleh dikonsumsi hanya telur dan susu.

  1. Vegan

Jenis vegetarian yang terakhir disebut vegan. Vegan merupakan vegetarian yang benar-benar meninggalkan segala macam produk yang berasal dari hewan. Baik ikan, unggas, atau daging dan produk susunya, vegetarian jenis ini sama sekali tak mengonsumsinya. Dapat dikatakan vegetarian jenis ini paling bersih dari konsumsi makanan yang berasal dari hewan.

Ada beberapa manfaat menjadi seorang vegetarian, diantaranya menjaga kesehatan tubuh, memiliki berat badan yang ideal dan stabil, serta terhindar dari penyakit-penyakti berbahaya. Penyakit berbahaya yang dimaksud adalah diabetes, kanker usus besar, kanker prostat dan tekanan darah tinggi.

Setelah mengetahui jenis-jenis vegetarian, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang vegetarian juga? Sebelum memulai menjadi seorang vegetarian, alangkah baiknya jika kamu konsultasikan terlebih dahulu tentang cara diet jenis ini.