directory-online Blog

directory-online Blog

directory-online Blog

5 Jenis Vegetarian Berdasarkan Pola Makan yang Diterapkan

Gaya hidup sehat tengah menjadi perhatian akhir-akhir ini. Kemunculan berbagai macam penyakit baru yang belum ditemukan obatnya menjadi salah satu penyebabnya. Beberapa penyakit diakibatkan karena konsumsi kalori dan gula secara berlebihan. Karenanya, banyak orang berbondong-bondong melakukan diet. Salah satu jenis diet yang populer adalah diet vegetarian.

Diet jenis ini dilakukan dengan hanya mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan dan menghindari makanan yang berasal dari hewan, seperti ikan, unggas, dan sebagainya. Tetapi pada praktiknya, masih ada beberapa vegetarian yang terkadang mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan. Untuk itu, dilakukanlah pembagian jenis-jenis vegetarian berdasarkan pola makan yang dilakukan.

  1. Semivegetarian

Semivegetarian juga biasa disebut dengan flexitarian. Pola makan vegetarian ini dilakukan dengan tetap memakan sumber makanan yang berasal dari hewan sesekali. Sumber makanan yang dikonsumsi contohnya, daging, produk susu, telur, hingga unggas dan ikan. Mengonsumsinya pun dalam jumlah yang tergolong rendah. Hanya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan saja.

  1. Lacto vegetarian

Pola makan yang diterapkan lacto vegetarian adalah dengan menghindari daging, unggas, ikan dan telur. Tetapi masih mengonsumsi produk susu dan sejenisnya, seperti keju, yoghurt, dan mentega. Jumlah konsumsinya pun dibatasi hanya sesuai kebutuhan saja.

  1. Ovo-vegetarian

Jika pada pola makan lacto vegetarian telur tidak boleh dikonsumsi, maka pada pola ini telur justru boleh dikonsumsi. tetapi daging, ikan, dan unggas masih menjadi pantangan. Dan produk-produk susu seperti yoghurt atau mentega juga tidak boleh dikonsumsi.

  1. Lacto-ovo vegetarian

Dapat dikatakan lacto-ovo vegetarian merupakan bentuk pola makan gabungan dari pola-pola makan sebelumnya. Orang-orang yang berpedoman pada pola makan ini hanya boleh mengonsumsi telur dan produk-produk susu. Sama seperti makna kata lacto-ovo yang berasal dari bahasa latin. Lacto memiliki arti susu dan ovo memiliki arti telur, sehingga yang boleh dikonsumsi hanya telur dan susu.

  1. Vegan

Jenis vegetarian yang terakhir disebut vegan. Vegan merupakan vegetarian yang benar-benar meninggalkan segala macam produk yang berasal dari hewan. Baik ikan, unggas, atau daging dan produk susunya, vegetarian jenis ini sama sekali tak mengonsumsinya. Dapat dikatakan vegetarian jenis ini paling bersih dari konsumsi makanan yang berasal dari hewan.

Ada beberapa manfaat menjadi seorang vegetarian, diantaranya menjaga kesehatan tubuh, memiliki berat badan yang ideal dan stabil, serta terhindar dari penyakit-penyakti berbahaya. Penyakit berbahaya yang dimaksud adalah diabetes, kanker usus besar, kanker prostat dan tekanan darah tinggi.

Setelah mengetahui jenis-jenis vegetarian, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang vegetarian juga? Sebelum memulai menjadi seorang vegetarian, alangkah baiknya jika kamu konsultasikan terlebih dahulu tentang cara diet jenis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *