directory-online Blog

directory-online Blog

directory-online Blog

8 Jenis Nutrisi yang Harus Diperhatikan oleh Vegetarian Agar Tetap Sehat

Menjadi seorang vegetarian memang menyehatkan karena makanan yang dikonsumsi rendah gula dan kalori. Tetapi sayangnya menjadi vegetarian pun bukan solusi akhir memiliki tubuh yang sehat. Pasalnya, ada beberapa nutrisi yang hanya terkandung dalam produk makanan yang berasal dari hewan. Dengan kata lain, nutrisi ini tak terkandung dalam tumbuhan.

Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian, perhatikanlah kebutuhan nutrisi makanan yang mungkin tidak dapat kamu penuhi. Berikut nutrisi-nutrisi yang harus diperhatikan seorang vegetarian.

  1. Protein

Orang yang menggunakan diet vegetarian rentan mengalami kekurangan protein karena kebanyakan protein justru terkandung dalam telur dan produk-produk susu. Padahal, protein memiliki peran penting bagi tubuh, yaitu untuk menyehatkan kulit, tulang, dan otot. Bagi seorang vegetarian, nutrisi ini bisa didapat melalui kacang-kacangan dan produk kedelai.

  1. Kalsium

Nutrisi kedua yang dibutuhkan tubuh adalah kalsium. Kalsium berguna untuk membangun tulang dan gigi yang sehat. Tetapi biasanya produk-produk susu lah yang menyediakan nutrisi ini. Jika kamu seorang vegetarian, cobalah alternatif lain dengan mengonsumsi makanan seperti tahu, tempe, atau oat yang telah diberikan zat-zat tambahan.

  1. Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam menyerap kalsium. Seorang vegetarian tetap dapat mendapatkan asupan vitamin D dengan bantuan sinar matahari atau produk minuman kedelai. Saat ini juga banyak bereda suplemen vitamin D.

  1. Vitamin B12

Vitamin B12 kebanyakan ditemukan dalam produk-produk makanan yang berasal dari hewan. Padahal vitamin ini sangat berperan dalam menjaga sistem saraf dan darah agar tetap sehat. Seorang vegetarian dapat memilih alternatif mengonsumsi produk sereal atau susu kedelai yang telah dilengkapi dengan fortifikasi.

  1. Iodine

Iodine berperan dalam membantu mengatur metabolisme, pertumbuhan, dan fungsi organ-organ dalam tubuh. Untuk mengganti komponen ini, seorang vegetarian disarankan untuk mengonsumsi kacang kedelai, kentang, brokoli, dan kembang kol.

  1. Zat besi

Zat besi berperan dalam membantu produksi sel darah merah dalam tubuh. Ada beberapa produk makanan yang berasal dari tumbuhan yang dapat dipilih oleh seorang vegetarian. Produk tersebut antara lain: gandum utuh, sereal, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

  1. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan jantung. Sayangnya asam lemak ini banyak terkandung dalam ikan dan telur. Untuk dapat memenuhi nutrisi tersebut, seorang vegetarian perlu mengonsumsi berbagai jenis minyak memasak seperti minyak kedelai, minyak kanola, dan kacang kedelai.

  1. Zinc

Zinc memiliki fungsi dalam membentuk protein dan membelah sel. ZincĀ  biasanya terdapat pada produk olahan susu. Seorang vegetarian dapat memenuhi nutrisi ini dengan mengonsumsi produk kedelai, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Banyak nutrisi makanan yang hanya terkandung dalam produk makanan yang berasal dari hewan saja. Untuk itu, seorangĀ  vegetarian harus berusaha mencari alternatif lain untuk mengganti nutrisi tersebut. Konsultasikan ke dokter jika kamu merasa ada kesulitan dengan cara diet vegetarian ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *