directory-online Blog

directory-online Blog

directory-online Blog

Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Diabetes Melitus

Banyak yang sudah menyadari bahwa penyakit diabetes melitus sangat membahayakan kesehatan tubuh kita. Sehingga, dengan adanya berbagai macam kasus yang terjadi tentang penderita diabetes melitus yang awalnya hanya karena kurang memperhatikan pola makanan, membuat orang-orang saat ini sangat hati-hati dengan apa yang mereka makan. Perlu diketahui bahwa selama ini kita tidak memahami bahan apa saja yang sudah dicampurkan ke dalam masakan yang kita makan sewaktu kita membeli, apakah aman bagi kesehatan kita, atau justru akan menumbuhkan bibit penyakit yang sangat merugikan bagi tubuh kita.

Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya diabetes melitus sehingga berujung pada tejadinya komplikasi, seperti asam urat, darah tinggi, gagal ginjal, bahkan bisa merambah ke fungsi hati hingga jantung. Berhati-hatilah dalam memilih makanan, berikut ini akan kami informasikan beberapa makanan yang patut kita pertimbangkan saat hendak mengkonsumsinya.

A.   Makanan Tinggi Lemak dengan Kadar Rendah Serat.

Seperti yang sedah banyak kita jumpai banyak sekali rumah makan siap saji yang menyediakan berbagai macam makanan yang sangat menggoda selera, akan tetapi kita masih kurang memperhatikan cara mereka mengolah makanan tersebut apakah higienis dan aman untuk kesehatan atau tidak. Oleh karena itu, kita wajib hati-hati dengan makanan yang kita beli. Kurangnya kandungan gizi pada makanan siap saji menjadi penyebab terjadinya penyakit kencing manis tersebut (diabetes melitus). Selain itu, pada rumah makan siap saji rata-rata hanya menyediakan makanan yang berlemak, seperti daging. Sedangkan selain dari kandungan lemak, tubuh kita juga membutuhkan vitamin yang berasal dari sayuran. Jika kita terus makan-makanan dari rumah makan siap saji yang rata-rata hanya menyediakan daging, dengan kandungan lemak tinggi, yang akan terjadi adalah kita mudah sekali terserang penyakit diabetes melitus. Oleh karena itu kita harus menyeimbangkan asupan makanan menjadi 4 sehat dan lebih baik lagi ditambah 5 sempurna. Sehingga tidak hanya daging saja yang dimakan, dengan membawa dampak menyebabkan obesitas juga. Lalu, untuk kebutuhan serat dalam tubuh kita juga harus dipenuhi. Jika kita hanya mengandalkan dengan mengkonsumsi snack, baik berbentuk snack kering maupun basah, tanpa ada makanan berserat, hal itu menjadi salah satu pemicu terjadinya diabetes melitus. Makanlah buah yang merupakan makanan dengan kandungan serat tinggi. Sehingga kesehatan Anda menjadi terjaga dan bisa terhindar dari penyakit kencing manis (diabetes).

B.      Makanan yang Rasanya Manis

Rata-rata dari orang Indonesia, sangat senang sekali dengan makanan yang mempunyai rasa manis. Padahal makanan yang manis dalam pembuatannya belum tentu menggunakan komposisi gula asli yang mempunyai kandungan glukosa standar yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Hindari makanan yang mengandung komposisi pemanis buatan, karena selain menyebabkan Anda terkena diabetes melitus, Anda juga bisa menderita gagal ginjal, karena ada beberapa kasus kandungan glukosa dengan nilai rantai kimia yang pendek dapat menyebabkan sistem kerja ginjal terganggu.

Kemudian yang perlu Anda perhatikan adalah bagi yang suka minuman berlakohol yang di dalamnya terdapat glukosa dengan olahan bentuk alkohol. Meskipun kandungan lebih rendah daripada gula pasir, tetapi jika kita sering mengkonsumsi dan terlalu berlebihan, maka akan membawa dampak yang lebih berbahaya dari makanan yang mengandung glukosa dari pemanis buatan lainnya.

C.      Makanan dengan Kandungan Karbohidrat Tinggi

Berhati-hatilah saat mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Nasi adalah salah satu makanan pokok dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Sehingga jika Anda berlebihan dalam mengkonsumsi nasi, tanpa diimbangi dengan menu sehat, yang terjadi adalah Anda akan mengalami obesitas kemudian timbulah penyakit gula darah tersebut. Jika Anda memang hobi sekali makan nasi yang sangat banyak, maka untuk alternatif supaya seimbang dan terhindar dari diabetes melitus (penyakit gula darah), gantilah menu makanan pokok Anda dengan makanan yang mengandung karbohidrat rendah, seperti kentang, dan ubi (Ketela), atau makanan yang terbuat dari gandum seperti roti. Anda bisa membuat daftar menu pilihan ketika Anda makan, seperti saat pagi Anda bisa mengkonsumsi nasi, kemudian siangnya Anda makan dengan kentang, lalu sorenya bisa kembali ke nasi lagi, atau berubah menu ke ketela. Dengan hal tersebut, Anda bisa meminimal terjadinya tinggi gulah dalam darah Anda sehingga diabetes melitus bisa dihindari secara alami.

NB: Baca Juga Tips Menu Makanan Sehat Anti Diabetes

D.      Jangan Terlalu Banyak Minum Manis

Sama dengan halnya makanan yang banyak mengandung glukosa. Minuman pun juga menjadi faktor pendukung bagi makanan manis yang menyebabkan penyakit gula darah tersebut. Sehingga Anda bisa lebih hati-hati dalam memilih minuman. Pastikan Anda memilih minuman manis dengan kandungan gula alami, dan lebih baiknya lagi jika minuman tersebut mengandung gula aren. Gula aren dikenal sebagai gula dengan kandungan glukosanya rendah dibanding gula pasir. Sehingga aman bagi kesehatan terlebih lagi untuk mecegah diabetes. Namun, seaman apapun gula aren maupun gula pasir, yang namanya rasa manis dapat memicu adanya diabetes dalam tubuh kita, sehingga solusi terbaik adalah dengan memberi ukuran konsumsi Anda. Jangan terlalu sering dan terlalu banyak minum manis, lebih baik banyaklah minum air putih atau air mineral yang kandungannya netral sehingga baik untuk kesehatan karena murni tanpa campuran zat apapun sehingga air mineral (air putih) manjadi bahan pokok yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup di bumi, tidak hanya manusia saja.

NB: Cara memilih air yang layak minum.

Semoga dari informasi yang sudah kami berikan kepada Anda bisa bermanfaat. Tetap jaga kesehatan Anda dengan sesuatu yang alami, dan bisa terhindar dari diabetes melitus. Salam Herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *