directory-online Blog

directory-online Blog

directory-online Blog

Tips Menjaga Agar Barang Elektronik Tidak Mudah Rusak

Barang elektronik dikenal sebagai perangkat yang memiliki banyak fungsi untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Seperti kipas untuk penyejuk ruangan, televisi sebagai alat hiburan, genset sebagai cadangan listrik saat mati lampu, dan lain-lain. Selain praktis, pekerjaan bisa dilakukan dalam waktu cepat dengan bantuan alat-alat elektronik.

Tentunya kalau barang tersebut rusak hingga akhirnya tidak dapat digunakan lagi, sudah jelas aktivitas Anda akan terganggu. Untuk mengatasinya, simak tips untuk menjaga barang elektronik agar tidak mudah rusak berikut ini.

  1. Sesuaikan Pemakaian Alat Dengan Kebutuhan

Salah satu tips supaya barang elektronik lebih tahan lama adalah perhatikan berapa lama Anda menggunakannya. Jangan biarkan alat-alat tersebut menyala selama 24 jam.

Seperti televisi misalnya, pemakaian maksimalnya 3 sampai 5 jam sehari. Hal seperti ini juga bertujuan untuk menghemat biaya listrik. Gunakan alat elektronik seperlunya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika alat terus mengalami panas (overheat) tentu saja akan membuatnya mudah mengalami kerusakan.

  1. Letakkan Alat Pada Posisi Yang Tepat

Penempatan alat elektronik juga mempengaruhi usia dari alat tersebut. Misalnya, untuk barang elektronik yang rentan dengan kelembaban, apabila diletakkan pada tembok di belakang kamar mandi, maka secara otomatis alat ini tidak akan bertahan lama.

Letakkan barang elektronik Anda di permukaan yang rata. Periksa kembali apakah sirkulasi udaranya lancar atau sebaliknya. Sebagai contoh, genset adalah alat elektronik yang biasanya menghasilkan panas.

Jika penempatannya tidak memiliki sirkulasi udara yang lancar, dapat dipastikan akan overheat. Inilah yang menyebabkan alat elektronik mudah mengalami kerusakan.

  1. Pastikan Tegangan Listrik Stabil

Arus listrik yang tidak stabil tentunya akan membuat komponen perangkat alat elektronik mudah rusak. Maka dari itu, pastikan listrik di rumah atau kantor Anda stabil. Jangan biarkan stop kontak longgar atau kurang rapat. Hal tersebut bisa menyebabkan listrik yang masuk menjadi tidak stabil.

Misalnya saat Anda sedang menggunakan genset ketika arus listrik mati, maka tegangannya harus stabil. Sebagai tips, pilihlah genset dengan kemampuan dapat menampung beban yang cukup. Anda bisa menggunakan stabilizer untuk menjaga tegangan listrik tetap stabil.

Agar lebih aman lagi, anda bisa menggunakan genset sebagai pemasok listrik cadangan ketika mendadak terjadi pemadaman. Untuk melihat harga dan merk genset yang terbaik silahkan cek disini https://www.abcpowergenset.com/harga-genset/ .

  1. Menjaga Kebersihan Alat Elektronik

Satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah kebersihan. Perlu Anda ketahui bahwa alat elektronik tidak bisa dibersihkan dengan zat cair seperti cairan pembersih. Selain itu, alat-alat tersebut sangat sensitif terhadap debu dan kotoran.

Untuk membersihkannya, Anda cukup memakai lap bersih yang lembab. Hal ini dikarenakan beberapa komponen alat elektronik akan rusak jika bersentuhan langsung dengan air. Pastikan Anda membaca buku petunjuk bagaimana cara membersihkannya secara tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *